Kamis, 28 Mei 2020

Menjadi Guru itu Menyenangkan

Guru adalah profesi yang tidak asing bagiku, karena orang tua dan keluarga besarku adalah guru. Dulu menjadi guru adalah pilihan ketigaku. Karena pilihan pertama mau jadi Pendeta, pilihan kedua mau jadi perawat. Pilihan ketiga menjadi guru, karena guru Fisika SMA ku, berhasil membuatku menyukai Fisika melebihi Matematika. Fisika adalah mapel terpavoritku waktu SMA karena pak Guru ku selalu memberi kesempatan dan apresiasinya untuk kami. Kemampuan dan kerja keras belajar saya terasa diperhatikan. Itulah sedikit cerita kenapa menjadi guru Fisika.
Setelah 17 tahun menjadi seorang guru....saya tidak menyesal, saya suka menjadi guru. Yang menyenangkan menjadi seorang guru adalah bukan hanya bisa berbagi ilmu pengetahuan,tetapi bisa berbagi cerita dengan siswa. Yang menyenangkan adalah tugas2 diluar PBM. Saat pembimbingan lomba, kegiatan OSIS, dan kebersamaan yang kami lalui sehari-hari. Tanpa menjalin kedekatan dengan mereka, tentu kedatangan ke sekolah menjadi hambar, tidak menyenangkan. Proses mendidiknya yang menyenangkan. Saya paling suka melihat senyum bangga di wajah mereka. Dalam kelas, saya memuji mereka supaya percaya diri mereka tumbuh. Saya terkadang merasa pelajaran saya memang materi sulit, tidak tega melihat mereka yang bukan bakatnya disitu memaksakan diri untuk bisa. Saya turunkan tingkat kesulitan, tapi standar soal UN sudah ada, Syukurlah UN sudah berakhir sehingga saya bisa sedikit lega. 
Jadi, menjadi guru adalah menyenangkan jika kita menjalin kedekatan dengan siswa, kita bergaul dengan mereka. Mereka perlu perhatian dari guru- guru mereka, dan itu ampuh untuk pembentukan karakter mereka. Terima kasih. 

2 komentar:

Cetak sertifikat mailings

 1. Buat sertifikat di canva unduh pdf 2. Ubah pdf ke word 3. Siapkan dokumen Exel yang nama sekolah no 4  klik mailings 5. Pilih select rec...