Selasa, 23 Juni 2020

6 TIPS MENJADI GURU KREATIF

Resume Kuliah Online Belajar Menulis Pertemuan ke - 10
Oleh Agathe, S.Pd

Mengapa Guru Harus Kreatif?

Menjadi guru yang kreatif adalah mimpi semua guru. Karena kemajuan teknologi menuntut kreatifitas guru, mau tidak mau kita harus memaksa diri untuk berubah menyesuaikan keadaan dan perubahan siswa. Baik itu hal-hal yang mereka sukai dan tidak sukai. Guru punya kesempatan dan waktu untuk membuat perubahan bagi bangsa melalui pendidikan. Guru memang tidak dikenal tetapi biarlah karya kita melalui siswa-siswa yang berprestasi dan berahlak yang akan menjadi kebanggaan kita. Saya akan berbagi tips menjadi guru yang kreatif dari pengalaman Bpk Agus Sampurno dalam mengajar kuliah online Belajar Menulis bersama Omjay dkk pada pertemuan ke-10. Ini foto dari Pak Agus Sampurno.
Tips Menjadi Guru Kreatif.
  1. Mulailah pembelajaran dengan hal yang menyenangkan.                                          Misalnya pemberian quis berupa game. Hal yang dilakukan Pak Agus adalah 10 menit pertama     memberikan quis kepada peserta untuk survey mengenai blog dan personal branding, dengan memberikan link dan kode ke peserta. Peserta tidak merasa kalau sedang disurvei tapi seperti main game, kelas menjadi seru, semua aktif, saling bertanya satu dengan yang lain dan penuh dengan tawa. Kuliah terasa santai dan gembira. 

       2. Berilah tugas sesuai keadaan siswa
          Hal berikutnya yang Pak Agus lakukan adalah menganalisa setiap jawaban yang ada, kemudian memberi tugas berupa membuat tulisan sebanyak 150-300 kata. Judulnya ditentukan oleh beliau. Wah ini pengalaman seru buat saya. Saya mendapat judul : 3 Resep Konsisten Dalam Menulis.Saya lari ke ruang tamu menghadap laptop, saya menulis dulu di ms.word biar saya tahu jumlah katanya. Saya berusaha supaya menjadi tepat 300 kata. Saya menulis sambil tersenyum sendiri. Sebagai seorang guru, kita sebenarnya dianjurkan memberi perlakuan kepada siswa sesuai kemampuan awal mereka. Sebagai contoh, kita tidak bisa mengajarkan pembagian tanpa mengetahui apakah mereka sudah bisa perkalian?
3.  Buatlah siswa aktif  melakukan sesuatu bukan hanya mendengar

               Pak Agus memberikan tugas kepada setiap peserta. Tugasnya adalah membuat tulisan di blog sebanyak 150-300 kata. Peserta Kelas  online pun masing-masing sibuk mengerjakan tugas. Dan aktif bertanya sehingga Moderator yaitu Bu Fatimah dari Aceh agak disibukkan karena meneruskan pertanyaan dari peserta  serta dibantu dengan Mr.Bams untuk meneruskan pesan dari Pak Agus. Sepertinya semua jadi sibuk. Tapi sibuk tandanya beraktivitas. Dalam melakukan aktivitas semua pancaindera menjadi pintu untuk masuknya pengetahuan ke otak. Maka guru yang kreatif kuncinya adalah dapat membuat siswanya aktif.

         4. Ada waktu presentasi untuk siswa
                Semua peserta kuliah online berlomba-lomba untuk menyampaikan hasil tulisan mereka di  WAG. Semua peserta dapat mengerjakan tugas yang diberikan oleh Pak Agus. Berarti pembelajaran sukses. Ini  foto tugas saya juga selesai malam itu juga saat sesi masih berlangsung. Tepat 300 kata.


      5. Ada umpan balik dari guru.
Setelah memberi tugas dan ruang presentasi, ada umpat balik dari guru berupa semangat dan evaluasi sebagai dasar untuk memberikan poin-poin penting dalam penjelasan.

      6. Beri penjelasan dan kesimpulan
Guru harus memberikan penjelasan dan kesimpulan kepada siswa. Karena siswa diajak untuk mengetahui penjelasan yang sebenarnya. Pola belajar lama adalah memberi penjelasan di awal pembelajaran supaya materi selesai disampaikan. Kejar habiskan materi yang ada di kurikulum. Singkat tapi bermakna lebih baik daripada panjang lebar tetapi lewat begitu saja.
Di akhir pertemuan Pak Agus kemudian memberikan penjelasan dan kesimpulan sebagai berikut
  • Dalam menulis kita harus mengutamakan aspek judul. Buatlah judul yang menimbulkan rasa tertarik dan penasaran bagi pembacanya
  • Dalam membuat judul kita bisa menggunakan kata Resep, Manfaat, Baru, Tips. Maka tulisan kita menjadi nyata manfaatnya walaupun singkat.
  • Judul juga bisa membuat penulis mempunyai personal branding
  • Personal Branding adalah aspek dimana penulis dikenal karena hal yang menjadi fokus penulis, penulis tidak perlu menjadi ahli tetapi yang  terpenting adalah lakukanlah dengan serius dan kerja keras hal yang kita sukai.
  • Bagilah hasil belajar penulis dengan pembaca lewat tulisan di blog.
Mari kita terus berlomba untuk menjadi guru yang kreatif! Semangat!!!












20 komentar:

  1. Balasan
    1. Ia lagi pengen nulis kayak gini bu. Terima kasih bu

      Hapus
  2. keren bu, pembahasannya simple tapi mengena

    BalasHapus
  3. Mantap manfaat sekali. Silakan mampir Cakinin.blogspot.com

    BalasHapus

Cetak sertifikat mailings

 1. Buat sertifikat di canva unduh pdf 2. Ubah pdf ke word 3. Siapkan dokumen Exel yang nama sekolah no 4  klik mailings 5. Pilih select rec...