Senin, 29 Juni 2020

Dokumentasi Digital

Resume Kuliah Online Belajar Menulis Bersama Omjay dkk Pertemuan ke 11
Rabu, 24 Juni 2020
Oleh Agathe, S.Pd

Kuliah Online malam ini mendatangkan narasumber yang hebat dan keren. Sesuai tema yaitu Mendokumentasikan Kegiatan Melalui Blog. Narasumber memperkenalkan diri melalui link. 

Secara tidak langsung, narasumber memberikan suatu dokumentasi yang lengkap tentang dirinya dan kegiatan-kegiatannya. Narasumber kuliah malam ini bernama Dedi Dwitagama, Seorang pendidik, trainer, narasumber dan motivator bidang pendidikan. Sekarang mengajar di SMKN 50 Jakarta. Lebih lengkap tentang beliau, kunjungi di blog http://dedidwitagama.wordpress.com/about

Pak Dedi mulai menulis di blog sejak 2005. Dan dokumentasi perjalannya dari Sabang sampai Merauke dan beberapa negara di dunia, bisa kita lihat di http://trainerkita.wordpress.com. Foto-foto kegiatan juga bisa kita lihat di instagram https://www.instagram.com/dwitagama/. Bagi penggemar youtube, kita bisa berteman dengan pak Dedi di http://www.youtube.com/user/dwitagama.
Pak Dedi memiliki dokumentasi digital yang lengkap. 

Menurut pak Dedi, blog adalah catatan atau dokumentasi seseorang atau sebuah organisasi yang ditayangkan di internet berbasis web dan bisa diakses oleh orang sedunia

Media blog pertama kali dipopulerkan oleh Blogger.com, yang dimiliki oleh Pyra Labs dan akhirnya diakuisisi oleh Google pada akhir tahun 2002. Semenjak itu, banyak aplikasi-aplikasi yang bersifat sumber terbuka yang diperuntukkan kepada perkembangan para penulis blog tersebut.

Pak Dedi mulai menulis di blog tahun 2005 dan blognya masih ada sampai sekarang. Nah itu memang keunggulan dari blog, tidak akan bisa hilang oleh waktu tetapi justru tetap jadi data dan kenangan indah.

Pada tahun 2007, beliau pindah ke wordpress. Alamat blognya https://dedidwitagama.wordpress.com. 

Ada sekitar lebih dari 4100 artikel yang sudah Pak Dedi tulis selama lebih dari 13 tahun ngeblog. Dan dilihat hampir dua juta kali  dengan pengunjung hampir 600.000.

Postingan terakhir pak Dedi tentang balita yang sudah pandai merokok termasuk di depan ibu dan adiknya. Bisa kita lihat tulisannya di https://dedidwitagama.wordpress.com.
Menurut Pak Dedi, manfaat blog yang utama bagi beliau adalah mendokumentasikan kegiatan, perjalanan, ide-ide,keresahan atau apa saja yang bisa disampaikan secara lisan pada rapat-rapat di sekolah atau yang tidak bisa kita sampaikan pada siapapun. Baginya blog seperti keranjang yang dititip di dunia maya.

Pak Dedi memiliki hobi fotografi dan mendokumentasikannya pada blog khusus https://fotodedi.wordpress.com. Sudah ada sebelum muncul instagram.

Itu semua yang pak Dedi sampaikan tentang dokumentasi melalui blog.

Selanjutnya Pak Dedi menawarkan sesi tanya jawab supaya lebih interaktif dengan peserta.

Penjelasan Pak Dedi pada sesi tanya jawab:
  • Tips agar konsisten menulis di blog adalah menulis kapan saja saat ide muncul.
  • Tips untuk meningkatkan mutu tulisan adalah usahakan semakin sering menulis, karena pengalaman menulis kita secara otomatis akan meningkatkan mutu tulisan dan sering-seringlah berkunjung ke blog teman sebagai pembanding.
  • Cara membagi waktu di tengah aktivitas yang padat adalah 15 menit sebelum absen pulang, Pak Dedi berusaha memposting tulisan atau menjadwalkan untuk terbit minggu depan.
  • Tips mengubah resume kulwag menjadi buku yang menarik adalah tempatkan diri kita sebagai pembaca. Amati apakah tulisan kita menarik atau tidak. Mintalah teman atau keluarga untuk menilai, perbaiki kekurangannya, lalu segera terbitkan karena kalau diulang-ulang pasti selalu ada yang kurang.
  • Banyak aktivitas tetapi santai bagaimana caranya? Seran ( serius tapi santai dan tetap fokus. Caranya adalah tetapkan tujuan kegiatan kita, jalani saja terus menuju tujuan yang kita inginkan, istirahat jika lelah,berlarilah jika sedang fit dan pastilah akan sampai pada tujuan.
  • Adalah baik jika kita memfollow blog orang dan dia juga memfollow kita. Demikian kata pak Dedi yang sudah memiliki ribuan follower.
  • Cara menghilangkan kebiasaan menulis yang sangat bergantung pada mood adalah kunjungi blog orang lain. Maka muncul ide,langsung tulis dan upload.
  • Cara memunculkan kalimat pertama yang menarik perhatian di blog adalah tulislah langsung ide tulisan pada kalimat pertama, selanjutnya dengan uraian yang diperlukan sertakan foto dan video supaya lebih joss. Gunakan kalimat ringkas yang membuat pembaca ingin melanjutkan hingga habis artikel.
  • Cara membukukan blog adalah kumpulkan tulisan dari blog, kelompokkan berdasarkan tema, konsultasikan dengan editor dan pihak penerbit.
Kesimpulan dari pak Dedi, "manusia yang baik adalah manusia yang bermanfaat buat orang lain. Dan bisa diaplikasikan lewat media blog.

2 komentar:

Cetak sertifikat mailings

 1. Buat sertifikat di canva unduh pdf 2. Ubah pdf ke word 3. Siapkan dokumen Exel yang nama sekolah no 4  klik mailings 5. Pilih select rec...