Sabtu, 20 Juni 2020

JENIS-JENIS TULISAN NON FIKSI


Resume Kuliah Online Pertemuan Ke -9
Oleh Agathe, S.Pd
Narasumber : SISKA DISTIANA

Kuliah Online Belajar Menulis bersama Omjay dkk pertemuan ke-9, Jumat, 19 Juni 2020 berjalan dengan baik. Semua peserta begitu tertarik dengan materi yang disampaikan oleh ibu dua putri ini, hingga tidak terasa waktu perkuliahan yang dimulai pukul 19.00 WIB berakhir sampai dengan pukul 22.43 WIB  Ibu Siska lahir di Klaten, 12 Desember 1985. bekerja sebagai content writer dan freelance editor. Kontak : 081329724184 siskanulis@gmail.com , @siskadistiana.

Materi kuliah online kali ini tentang Mengenal Ragam Tulisan Non Fiksi

Mengapa Kita Menulis?

1.  Knowledge management . Karena kita ingin memanagemen pengetahuan kita untuk bisa     berbagi pengetahuan yang kita kuasai.
2. Copyright milestone ( jejak dengan tulisan). Melalui tulisan kita bisa bercerita jejak langkah kita.
3.Paten. Tulisan adalah sebuah legalitas atau paten dari ide/gagasan kita

Pengertian Non Fiksi

Non fiksi menurut  KBBI adalah tulisan yang tidak bersifat fiksi tapi berdasarkan fakta dan kenyataan. Dalam karya nyata tulisan non fiksi berarti karya informatif dimana penulis bertanggung jawab penuh atas kebenaran dan akurasi yang disajikannya.

Ragam Karya Non Fiksi

Ragam karya non fiksi sangat banyak misalnya kamus, buku pelajaran dll. Materi kuliah online kali ini khusus membahas non fiksi yang bisa kita tulis dengan cepat dan mudah. Yaitu :
1. Berita
2. Esai
3. Catatan perjalanan
4. Artikel Informatif
5. Best Practice

1. Berita
    Berita adalah cerita atau keterangan mengenai peristiwa atau kejadian hangat (KBBI) Dalam penulisan berita ada 2 cara :
a.Hardnews.
    Hardnews adalah berita yang disampaikan secara to the point, isinya lugas dan singkat. Contoh : berita tentang kebakaran. Berikut adalah contoh Hardnews:

b. Feature
    Feature adalah artikel yang kreatif, kebalikan dari hardnews. Sifatnya informatif dan menghibur, gaya menulisnya adalah gaya bercerita. harapannya adalah pembaca selain mendapat informasi juga mendapat hiburan. Berikut adalah contoh Feature:

2. Esai
    Esai adalah karangan prosa yang membahas masalah secara sepintas dari sudut pandang penulisnya, sering disebut sebagai opini. Penulis mengangkat sebuah topik kemudian menguoasnya bahkan bisa juga memberi solusi. Contoh judul esai : "Stop Jadi Orang Tua Egois!" Tulisan itu sebenarnya menanggapi sebuah film, lalu mengangkat topok tersebut dan membahasnya.

3. Catatan Perjalanan
    Catatan perjalanan adalah tulisan tentang proses sebuah perjalanan atau ulasan tentang apa yang ditemui dalam perjalanan tersebut misalnya tentang budaya daerah, makanan khas dan seterusnya.
Contohnya bisa dibuka dalam link berikut:
4. Artikel Informatif
    Artikel informatis adalah tulisan yang berisi informasi tentang suatu hal. Tujuannya untuk menambah pengetahuan pembaca, isinya murni informasi. Artikel informatif ini dalam bahasa populernya disebut sebagai artikel feature. Contoh judul artikel informatif adalah " Kenapa kita harus menjafdi relawan?"

5. Best Practice
    Best practice adalah tulisan tentang pengalaman terbaik dalam menyelesaikan suatu permasalahan. Biasanya dipakai di dunia pendidikan. Contoh Best Practice adalah " Bukan Sekadar Mendisplay". Best practice bisa disajikan dalam bentuk feature.

Demikian materi tentang ragam tulisan non fiksi. Selanjutnya adalah hal-hal yang disampaikan oleh narasumber pada sesi tanya jawab:
1. Motivasi ibu siska dalam menulis adalah karena suka menulis dan dengan menulis bu Siska serasa mengaktifkan otaknya
2. Langkah-langkah yang dilakukan bu Siska saat meempersiapkan diri untuk membuat tulisan:
  •     mengeluarkan ide yang muncul di pikirannya ( membuat kerangka tulisan dalam bentuk sederhana)
  • Lalu menyusunnya, diletakkan di bagian pembuka, tengah dan penutup
  • setelah semua selesai ditulis, bu Siska berhenti sejenak minimal 15 menit. Tujuannya untuk mengistirahatkan otak
  • Membaca tulisan itu kembali untuk mengedit jika terjadi salah ketik dll.
  • setelah semua oke, barulah tulisan disetor ke editor atau untuk  diposthing
3. Tips untuk menulis tulisan fiksi adalah:
  • Perlu banyak membaca karya fiksi supaya memicu otak kita berimajinasi dan membangun cerita menarik
  • Ambil konflik dari keseharian dan hal-hal yang dekat dengan kita
        Berikut ada tawaran dari bu siska untuk pembaca semua :


        4. Bagaimana menulis berita yang baik ?  
    • Harus terpenuhi semua unsur 5W+1H (Who,What,When,Where, Why dan How)
    • Jadi sebuah berita harus dapat menceritakan Siapa, melakukan apa, kapan dan dimana dilakukannya, mengapa melakukan itu, dan bagaimana ia melakukannya
    • Nilai aktualitas dan faktualitas. Aktualitas adalah kecepatan berita ditayangkan. jadi, makin cepat sebuah berita diangkat menjadi berita yang ditayangkan/dimuat akan lebih diminati khalayak. Faktualitas adalah bicara tentang kebenaran. Berita harus berdasarkan peristiwa nyata.
    • Kemampuan menulis berbanding lurus dengan kemampuan membaca. Jadi, makin banyak membaca berita, maka akan lebih mudah memproduksi diksi, kata yang menarik dalam naskah berita.
    5. Untuk masuk ke kompasiana.pertama harus punya email, kedua masuk ke website www.kompasiana.com dan ikuti intruksi yang disediakan.

6. Ketika mau menulis esai, tentukan dulu topik apa yang mau kita tanggapi, uraikan, cari referensi yang terkait jika diperlukan.

Itu hal-hal yang saya tulis dari sesi tanya jawab.

Di akhir perkuliahan ibu Siska menyampaikan hal berikut :

" Orang boleh pandai setinggi langit, tapi selama ia tidak menulis, ia akan hilang  di dalam masyarakat dan dari sejarah. Menulis adalah bekerja untuk keabadian"                        ( Pramoedya Ananta Toer ).

    




19 komentar:

  1. Pertanyaan nya cetar yanh buat resume drmskin pintar

    BalasHapus
  2. Mantap bu, tulisanya oke, tampilanya keren

    BalasHapus
  3. Mantul, sangat komplit dan terperunci

    BalasHapus
  4. Keren sekali..tulisan" yg indah dan sangat mngispirasi🤗

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah, sangat lengkap, singkat padat dan sarat informasi yang berguna teruslah menulis dan menulis jangan pernah berhenti untuk meraih kesuksesan menerbitkan buku di kemudian hari Terimakasih

    BalasHapus
  6. Naaaaah ini dia, sudah mantaaaf bu

    BalasHapus
  7. Mantab...lengkap ada info tambahan pula

    BalasHapus

Cetak sertifikat mailings

 1. Buat sertifikat di canva unduh pdf 2. Ubah pdf ke word 3. Siapkan dokumen Exel yang nama sekolah no 4  klik mailings 5. Pilih select rec...