Senin, 01 Juni 2020

Belajar Menulis Bersama Om Jay dkk

       
 Kuliah online bersama Om Jay dkk malam hari ini membawa semangat untuk menulis, bagaimana tidak malam hari ini Om Jay berbagi pengalaman yang menurut saya itu adalah prestasi yang luar biasa. Ada 4 buku yang dihasilkan dari menulis di blog yaitu Catatan Harian Seorang Guru Blogger, Blogger Ternama, Melejitkan Keterampilan Menulis Siswa dan Menulislah setiap hari buktikan apa yang terjadi.
Om Jay memberi tema kuliah malam ini, sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit. Menurut beliau, menulis buku itu memerlukan waktu yang tidak sebentar, oleh sebab itu Om Jay menulis di blog setiap hari.
        Sebagai contoh, Buku Catatan Harian Seorang Guru Blogger diterbitkan dalam waktu 6 bulan dikerjakan oleh Pak Sukarno sebagai editor, semua bisa dikerjakan walaupun Om Jay belum tatap muka dengan Pak Sukarno. Tempat dan jarak bukan halangan untuk berkarya di era sekarang ini.
        Sesi kuliah online malam ini juga, Om Jay berbagi pengalaman Hasil PTK nya yang diterbitkan menjadi buku yaitu Melejitkan Keterampilan Menulis Siswa. PTK ini berhasil sebagai finalis lomba karya tulis inovasi pembelajaran. Dan Om Jay berhasil mendapat berbagai hadiah, liburan bahkan belajar di luar negeri. Awalnya Om Jay tidak tahu kalau PTK bisa menjadi buku, tetapi setelah belajar secara online dengan Pak Lukman di Jawa Timur dan Ibu Hati di Bandung menawarkan diri sebagai editornya maka PTK bisa menjadi buku.
        Begitu juga buku Blogger Ternama merupakan buku yang diterbitkan oleh Pak Wiranto dari penerbit Camp Pustaka. Buku ini menuliskan tentang kisah nyata seorang guru biasa yang hobi menulis menjadi guru yang bisa memberi inspirasi kepada guru-guru lain.
        Buku selanjutnya yaitu Menulislah setiap hari, merupakan buku pertama  kali Om Jay di penerbit Mayor. Saya baru tahu juga dari sesi tanya jawab kuliah malam ini, bahwa penerbit Mayor itu  minimal 5000 buku sekali cetak dan kita harus mampu menjualnya. Buku Menulislah setiap hari memerlukan waktu 3 tahun untuk diterbitkan dan Om Jay dibantu oleh Mas Yuan Acita dan Penerbit Indeks Jakarta.
        Kesimpulan yang saya dapat malam ini adalah untuk menulis sebuah buku perlu kolaborasi antara penulis dan editor.
        Mulailah menulis setiap hari minimal 3 paragraf, mulailah menulis apa yang disukai dan dikuasai itu sih pesan Om Jay. 
        Terima kasih. ( Gel 12)
 

3 komentar:

  1. Keren Bu... Semangat menulis ya Bu, saya juga baru belajar. Jika berkenan silakan mampir di blog saya https://keluargaendang.blogspot.com/2020/06/resume-hari-pertama-1-rabu-3-juni-2020.html?m=1

    BalasHapus

Cetak sertifikat mailings

 1. Buat sertifikat di canva unduh pdf 2. Ubah pdf ke word 3. Siapkan dokumen Exel yang nama sekolah no 4  klik mailings 5. Pilih select rec...