Senin, 03 Agustus 2020

Tips Menulis Buku Best Seller


Resume kuliah online Belajar Menulis Bersama Om Jay pertemuan ke-27
Oleh Agathe, S.Pd

Narasumber kuliah malam ini bernama Kang Encon Rahman,  menyampaikan  materi 6 Cara Menulis Buku Best Seller. Kuliah malam ini,  Jumat 31 Juli 2020 dipandu oleh moderator Mr Bams.

Berikut paparan materi yang disampaikan oleh Kang Encon.

Tujuan Menulis Buku
Ada tiga tujuan menulis buku :
  1. Mengembangkan budaya  literasi atau koleksi pribadi contohnya buku antologi.
  2. Untuk kenaikan tingkat Contohnya buku Solo,PTK, best practice dan modul
  3. Untuk mencari uang, biasanya buku tentang yang How To atau bagaimana cara
Ketika kita akan menulis buku,  tentu kita memiliki motivasi atau tujuan., setidaknya ada 3 tujuan dalam menulis.  Menulis buku antologi sangat bagus untuk mengembangkan budaya literasi atau koleksi pribadi. Biasanya buku antologi  ditulis oleh  15 orang,  20 orang atau 30 orang.
Penerbit menerbitkan buku dan  dibeli oleh penulisnya. Kalau buku yang ditulis untuk kenaikan tingkat memiliki panduan dalam upaya kenaikan tingkat. Sebenarnya, kalau menulis buku hanya dinikmati sendiri tidak pernah dinikmati orang lain itu baru level rendah. Level tinggi seorang penulis,  ketika menulis buku ditawarkan  ke Penerbit mayor dan booming. Ini adalah level tingkat tinggi, bagaimanapun karyanya harus dinikmati oleh masyarakat. Contoh,  manfaat kita melakukan sebuah penelitian kita tawarkan kita jualkan dan bermanfaat bagi masyarakat dan penulis mendapat uang banyak itu adalah gol akhir dari sebuah karya. Seorang penulis hebat,  bukan hanya bisa menulis bukan hanya bisa memproduksi tapi juga harus bisa memasarkan buku.  Contohnya Omjay, dia seorang penulis sekaligus juga bisa memasarkan buku,  luar biasa guru hebat, ya beliau sudah bisa memasarkan.

Jenis Buku Pendidikan
Bagi yang menulis buku tujuannya hanya untuk angka kredit maka  tidak boleh lepas panduan yang disyaratkan oleh Kementerian . Buku-buku yang dinilai sebagai salah satu angka kredit adalah:
  1. Karya bersama
  2. PTK
  3. Tulisan ilmiah populer atau artikel, yang dimuat di majalah, koran
  4. Tulisan hasil penelitian
  5. Buku teks pelajaran
  6. Buku pengayaan
  7. Buku pedoman guru
  8. Modul atau Diklat pelajaran
  9. Buku bidang pendidikan
  10. Karya terjemahan
10 jenis buku pendidikan ini adalah buku-buku yang akan dinilai untuk kenaikan tingkat. Karya bersama buku adalah buku pendidikan yang ditulis maksimal oleh 4 orang penulis, untuk karya bersama akan diperoleh angka kreditnya jika ditulis oleh 4 orang.  Jadi,  kalau buku antologi yang  ditulis oleh 20 orang atau  50 orang  tidak masuk ke karya bersama yang dinilai untuk kenaikan tingkat.
Menulis artikel yang dimuat di koran  tingkat provinsi angka kreditnya 1,5 dan tingkat nasional 2. Begitu juga pembuatan modul, modul yang digunakan di sekolah nilainya 0,5. Untuk informasi selengkapnya bisa dibuka di blog saya, https://agathefisika.blogspot.com/2020/08/kumpulan-slide-6-cara-menulis-buku-best.html.

Enam (6)  Cara Menulis Buku Best Seller
Nah,  selanjutnya membahas terkait dengan buku best seller. Apa sih buku best seller?  buku best seller adalah buku yang laris manis dalam jangka waktu yang pendek sejak diterbitkan.  Kriteria best seller adalah  penjualan mencapai 30.000 sampai 50.000 buku per tahun atau sekitar 3000 eksemplar per bulan.  Berikut adalah  6 cara  menulis buku best seller :
  1. Menulis buku 2 jam x 10 hari lebih baik daripada menulis buku 10 jam x 2 hari artinya ketika akan menulis buku itu cukup 2 jam sehari 10 hari itu lebih baik daripada  menulis buku atau 10 jam kali 2 hari
  2. Miliki dan kumpulkan buku tematik agar mudah menambah wawasan pada saat menulis buku yang sejenis.
  3. Menulis buku lebih nyaman di sepertiga malam atau pagi hari antara pukul 03.00-06.00.
  4. Menulis buku harus seijin suami/istri
  5. Sebelum menulis buku, berdoalah
  6. Menulis resume buku karya orang lain dengan tema sejenis sesuai dengan buku yang kita sedang tulis. Ketika kita mengalami kesulitan menyelesaikan tulisan, disarankan menulis resume buku karya orang lain dengan tema yang sejenis, sesuai dengan buku yang sedang kita tulis.
Pengertian Resume, Ringkasan, Rangkuman dan Ikhtisar.
Resume adalah menulis ringkasan dari tulisan yang panjang dengan cara mengambil bagian pokoknya saja. Dalam menulis resume tidak boleh ditambah pendapat pribadi.

Ikhtisar adalah menulis ringkasan dengan cara menuliskan pokonya berdasarkan pemahaman sendiri.

Langkah-langkah menulis resume :
  1. Membaca buku
  2. Menemukan gagasan pokok
  3. Menuliskan kembali gagasan pokok secara berurutan
  4. Menulis resume yang singkat dan padat
  5. Mempublikasikan resume

2 komentar:

Cetak sertifikat mailings

 1. Buat sertifikat di canva unduh pdf 2. Ubah pdf ke word 3. Siapkan dokumen Exel yang nama sekolah no 4  klik mailings 5. Pilih select rec...