Sabtu, 17 Oktober 2020

Pendidik Dan Petani

 


Pendidikan adalah menuntun segala kodrat yang ada pada anak-anak, agar mereka mendapat keselamatan dan kebahagian yang setinggi-tingginya baik sebagai manusia maupun sebagai anggota masyarakat.

Pendidikan hanya satu "tuntunan" di dalam hidup tumbuhnya anak-anak. Artinya, bahwa hidup tumbuhnya anak itu terletak di luar kecakapan atau kehendak kita kaum pendidik. 

Pendidik itu seperti petani yang menanam padi, hanya dapat menuntun tumbuhnya padi misalnya memperbaiki kondisi tanah, memelihara padi,memberi pupuk dan air, membasmi ulat-ulat menganggu dan lain sebagainya. Tetapi petani ia tidak dapat mengganti kodrat padi, tumbuh menjadi  jagung. Selain itu juga petani tidak dapat memelihara padi seperti caranya memelihara tanaman kedelai tentu berbeda cara.

Tuntunan pendidikan sangat diperlukan, sama halnya dengan tanaman memerlukan pemeliharaan pada tumbuh kembangnya. Misalnya sebulir jagung yang baik awalnya jatuh di tanah yang tidak  baik , kurang cahaya matahari dan air maka biji jagung yang awalnya dasarnya baik kalau tidak ada pemeliharaan maka biji jagung itu tidak akan tumbuh dengan baik karena pengaruh keadaan. Sebaliknya bulir jagung yang dasarnya tidak baik, akan tetapi dipelihara sebaik-baiknya oleh bapak tani, maka biji itu dapat tumbuh lebih baik daripada biji lainnya yang juga tidak baik dasarnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cetak sertifikat mailings

 1. Buat sertifikat di canva unduh pdf 2. Ubah pdf ke word 3. Siapkan dokumen Exel yang nama sekolah no 4  klik mailings 5. Pilih select rec...