Senin, 27 Juli 2020

TIPS MENJADI GURU BERPRESTASI


Resume Kuliah Online Belajar Menulis Bersama Om Jay dkk pertemuan ke-25
Senin 27 Juli 2020
Oleh Agathe, SPd

Narasumber kuliah malam hari ini bernama Sigit Suryono, S.Pd, M.Pd, beliau adalag Guru IPA di SMP Negeri 1  Wonosari  Gunung Kidul Daerah Istimewa Yogyakarta. Seorang guru berprestasi dari Yogyakarta yang sangat menginspirasi guru-guru Indonesia.  

Materi yang disampaikan mengenai Motivasi Berprestasi .Setelah melihat Kurikulum Vitae yang disampaikan beliau ternyata Pak Sigit memiliki segudang prestasi sebagai Duta rumah belajar Tingkat Nasional,  Duta Rumah Belajar Terinovatif , Duta Sains P4TKIPAdll, sungguh banyak prestasi yang beliau raih.

Apakah motivasi beliau sehingga dapat berprestasi?  Ternyata bibit berprestasi tersebut sudah kelihatan sejak SD selalu menjadi juara 1 dari kelas 1 sampai kelas 6 SD tetapi kesempatan mengikuti lomba tidak kesampaian saat SD.  Bibit berprestasi tersebut mulai muncul kembali saat beliau menempuh pendidikan S1 di Universitas  Yogyakarta , beliau aktif sebagai Pengurus HMJ Fisika , Pengurus Senat Fakultas MIPA Universitas Yogyakarta untuk seksi bakat dan minat.

Menurut pengakuan Pak Sigit perjalanan sekolahnya lah yang sebenarnya memunculkan motivasi berprestasinya dan karena motivasi berprestasi dari orang tuanya yaitu" Menang Cacak Kalah Cacak", itu adalah kata mutiara  dari ibunya yang dia pegang sampai saat ini sehingga setiap ada kesempatan mengikuti suatu lomba atau suatu kegiatan Pak Sigit selalu melakukankan dengan sepenuh hati dan fokus.
Jadi menurut Pak Sigit,  kunci keberhasilan adalah kita fokus pada kegiatan yang kita lakukan dengan sepenuh hati. Arti dari fokus adalah memilah dan memilih jenis kegiatan atau prestasi apa yang ingin kita raih Jangan karena ada kesempatan semua ingin kita ikuti,  yang terjadi adalah kita tidak menjadi fokus tetapi pikiran dan kesempatan kita akan terbagi dengan berbagai event.  Hal ini disampaikannya berdasarkan pengalaman yang pernah beliau lakukan.


Berikut adalah pesan Pak Sigit Suryono bagi yang ingin berprestasi :
  1. Belajarlah terus sepanjang hayat dan selalu mengevaluasi apa yang kita lakukan.
  2. Tidak usah kuatir kalah dalam perjuangan karena kalah adalah prestasi yang tertunda.
  3.  Fokus pada kegiatan yang kita lakukan dengan berbuat maksimal maka percayalah prestasi  tinggal menunggu di depan mata
  4. Untuk mencapai prestasi maksimal pelajari seluruh gaya selingkung masing-masing jenis lomba dengan detail  
  5. Persiapkan seksama jangan terburu-buru,  siapkan dan luangkan waktu untuk kegiatan tersebut . 
  6. Buatlah tampilan dan karya semenarik mungkin,  
  7. Jangan lupa siapkan portofolio dengan seksama sehingga memudahkan dalam mengikuti berbagai jenis event lomba.  Carilah buku pedoman pemilihan guru berprestasi pada tahun penyelenggaraan dilaksanakan jika belum keluar gunakan pedoman pada tahun sebelumnya. Cermati isi dari pedoman tersebut berkaitan dengan proses penilaian dari tingkat Kabupaten, Tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional ,buat portofolio 8 tahun terakhir sesuai dengan ketentuan pedoman pemilihan guru berprestasi,  
  8. Kumpulkan semua karya  yang sudah dibuat selama 8 tahun terakhir untuk bukti fisik berupa Surat tugas, piagam dll, dilegalisir oleh atasan langsung . Termasuk undangan, catatan singkat atau laporan singkat mengenai setiap kegiatan yang diikuti, foto, video dan dokumentasi piagam dan sertifikat.
  9. Persiapkan naskah inovatif dan sesuaikan cara penulisannya sesuai dengan kaidah penulisan masing-masing karya dengan selalu memperhatikan buku pedoman pemilihan guru berprestasi tingkat nasional. Karya bisa berupa PTK,  best practice maupun penelitian yang lainnya seperti penelitian eksperimen,  penelitian R&D dan lain-lain , 
  10. jangan lupa buat presentasi PowerPoint. 
  11. Buat makalah evaluasi diri " Mengapa saya layak sebagai guru berprestasi" dengan tema dan tata penulisan sesuai dengan ketentuan pedoman guru berprestasi.
Demikian beberapa tips penting dari Pak Sigit Suryono, S.Pd, M.Pd untuk menjadi guru berprestasi.

Kata penutup dari Pak Sigit Suryono,  sebagai guru kita harus dapat mendidik siswa kita dengan baik , menjadikan mereka orang-orang yang sukses bahkan lebih sukses dari kita. Sebagai guru kita harus menjadi orang yang bisa menginspirasi siswa kita  dan yang paling penting adalah agar kita bisa menjadi seseorang yang bisa di gugu dan ditiru oleh peserta didik.

5 komentar:

Cetak sertifikat mailings

 1. Buat sertifikat di canva unduh pdf 2. Ubah pdf ke word 3. Siapkan dokumen Exel yang nama sekolah no 4  klik mailings 5. Pilih select rec...