Rabu, 28 Oktober 2020

PGP-1-KAPUAS KALTENG-AGATHE-1.1.- Aksi Nyata

Judul                  :    Pembelajaran Di Luar Kelas Melalui Budi Daya Sayuran Hidroponik

Nama Peserta    : Agathe

Latar Belakang 

Pada masa pandemi peserta didik banyak menghabisi waktu di rumah, namun penanaman nilai-nilai karakter yaitu gotong royong  sesuai dengan profil pelajar Pancasila tetap harus dilakukan. Dalam kurikulum IPA kelas IX juga terdapat indikator pembelajaran yaitu menyajikan hasil karya dari perkembangbiakan tumbuhan. Oleh sebab itu kegiatan belajar di luar kelas yaitu di rumah siswa dilakukan. Karena masa pandemik kami kelompokan  siswa 5 orang per kelompok. Dan terdiri dari 4 kelompok sesuai lokasi rumah terdekat. Pembelajaran ini membutuhkan kerjasama di antara anggota kelompok, baik itu mulai dari menyiapkan alat dan bahan, pembibitan dan sampai pada  pemeliharannya. Selain itu banyak nilai-nilai karakter yang dikuatkan disana seperti tanggung jawab, dsiplin dan mandiri. Dan yang paling penting juga, peserta didik memiliki ketrampilan bertanam hidroponik.

Tujuan

Peserta didik diharapkan menunjukkan sikap gotong royong.

Deskripsi Aksi Nyata

1.  Siswa dibagi dalam beberapa kelompok berdasarkan kesepakatan bersama peserta didik artinya mereka  memilih mau bergabung dengan kelompok yang mana atau memilih tidak ikut dalam proyek hidroponik juga boleh, tidak dipaksa ( berusaha menciptakan suasana yang nyaman buat peserta didik).

2.   Melakukan tutorial tentang berhidroponik secara bergantian, kelompok 1 dan 2 digabung menjadi 1. Kelompok 3 dan 4 Sehingga ada 2 kali tutorial untuk 4 kelompok. Tutorial dilaksanakan di rumah seorang ahli hidroponik

3.      Menyiapkan alat dan bahan bersama peserta didik.

4.     Peserta didik secara berkelompok mempersiapkan kegiatan sesuai dengan prosedur kegiatan.

5.  Peserta didik melaksanakan kegiatan didampingi guru pendamping (beberapa guru membantu pelaksanaan)

6.      Pemeliharaan oleh siswa  dievaluasi melalui WA grup

Hasil dari Aksi Nyata Yang Dilakukan:

1.      Siswa memiliki ketrampilan untuk menanam sayuran hidroponik

2.      Siswa belajar dalam suasana menyenangkan karena berada di luar kelas yaitu di rumah siswa itu sendiri

3.      Siswa saling bergotong royong untuk mempersiapkan  alat dan bahan, melakukan penyemaian, memelihara tanaman sampai saatnya panen.

Pembelajaran Yang Didapat Dari Pelaksanaan (Kegagalan maupun Keberhasilan )

Pembelajaran di luar kelas dan dibagi dalam beberapa kelompok ini memerlukan kerjasama guru-guru lain, karena rumah siswa tempat budidaya sayuran hidroponik berjauhan, jadi hal ini memerlukan waktu dan tenaga, apabila dikerjakan dengan dibantu guru lain maka akan lebih efesien.

Dalam memilih siswa, diperlukan kejelian guru didalam melihat bakat dan minat mereka. Akan lebih baik jika memilih siswa yang senang bercocok tanam. Dan untuk siswa lainnya, dikelompokkan ke dalam bakat dan minat yang sesuai.

Pembelajaran di luar kelas ini cukup berhasil karena memberi ketrampilan kepada siswa secara langsung, hal itu juga merupakan modal bagi mereka dalam bermasyarakat nantinya.

Kegagalannya juga ada yaitu dalam hal mengevaluasi aktivitas mereka, saya tidak konsisten. Karena hal ini tugas kelompok tetapi dikerjakan di salah satu rumah siswa. Seharusnya saya, memberi tugas untuk mereka mengupload di wa grup setiap  mereka mengamati ataupun memelihara tanaman tersebut. Ada  dokumentasi tapi hanya beberapa.

Rencana perbaikan untuk pelaksanaan di masa mendatang

Saya akan menyiapkan lembar kerja hasil pengamatan kepada mereka. Yang berisi juga perkiraan tanggal pemindahan ke net pot dan panen. Karena ini baru pertama kali jadi saya sendiri masih mengira-ngira. Untuk ke depan sudah ada perkiraan yang pasti untuk jadwalnya.

Dokumentasi

Pelaksanaan tutorial bersama ibu Meihuwu Yatini, SP

 


Persiapan Alat dan bahan oleh masing-masing kelompok



Pelaksanaan Kegiatan




Lembar Observasi siswa

Lembar evaluasi nilai gotong royong

Hasil tanaman




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cetak sertifikat mailings

 1. Buat sertifikat di canva unduh pdf 2. Ubah pdf ke word 3. Siapkan dokumen Exel yang nama sekolah no 4  klik mailings 5. Pilih select rec...