Jumat, 20 November 2020

Inkuiri Apresiatif (IA)

Inkuiri Apresiatif ( IA) adalah pendekatan manajemen perubahan yang kolaboratif dan berbasis kekuatan.  Pertama kali dikembangkan oleh David Cooperrider ( Noble & McGrath, 2016). Cooperrider menyatakan bahwa pendekatan IA dapat membantu membebaskan potensi inovatif dan kreativitas, serta menyatukan orang.

IA menggunakan prinsip-prinsip utama psikologi positif dan pendidikan positif. Pendekatan IA percaya bahwa setiap orang memiliki inti positif yang dapat memberikan kontribusi pada keberhasilan. Inti positif ini merupakan potensi dan aset organisasi. Bila organisasi lebih banyak membangun sisi positif yang dimilikinya, maka kekuatan sumber daya manusia dalam organisasi tersebut dipastikan akan meningkatkan dan kemudian organisasi akan berkembang secara berkelanjutan.

Pendapat Coperrider ini sejalan dengan pendapat Peter Drucker. Menurut Peter Drucker, kepemimpinan dan manajemen adalah keabadian. Oleh sebab itu seorang pemimpin bertugas menyelaraskan kekuatan yang dimiliki organisasi. Caranya dengan mengupayakan agar kelemahan suatu sistem dalam organisasi tidak relevan, karena  semua aspek dalam organisasi fokus pada penyelarasan kekuatan, dengan satu tujuan yaitu mengatasi kelemahan.

Di sekolah, pendekatan IA dapat dimulai dengan mencari hal baik yang telah ada di sekolah, mencari cara agar bagaimana hal tersebut dapat diperhatikan, sehingga kelemahan, kekurangan dan ketidak adaan menjadi tidak relevan. Berpijak dari hal positif tersebut, sekolah kemudian menyelaraskan hal positif atau kekuatan tersebut dengan visi sekolah dan visi setiap individu dalam komunitas sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cetak sertifikat mailings

 1. Buat sertifikat di canva unduh pdf 2. Ubah pdf ke word 3. Siapkan dokumen Exel yang nama sekolah no 4  klik mailings 5. Pilih select rec...