Selasa, 01 Desember 2020

PGP-1-Kabupaten Kapuas-Agathe-1.2-Aksi Nyata

Pada masa pandemi Covid -19 pembelajaran tatap muka belum diperbolehkan pada wilayah zona merah, tetapi guru tetap harus melaksanakan penilaian sikap sekaligus mengembangkan penguatan pendidikan karakter murid. Murid tidak terlepas dari keluarga. Oleh karena itu sangat diperlukan dukungan dan kerjasama dari orang tua dalam melaksanakan program ini. Program ini saya namakan Program Kolaborasi Guru dan Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak.

SMPN 2 Selat memiliki program wali kelas permanen selama 3 tahun, artinya wali kelas akan menuntun anak didiknya dari kelas 7 sampai dengan kelas 9. Tentu bukanlah waktu yang singkat. Oleh sebab itu saya sebagai wali kelas 7D memiliki impian anak didik saya terkhusus 7D memiliki karakter yang kuat. Karena karakter adalah kunci keberhasilan  mereka. 

Melalui program ini, saya mau mengembangkan nilai-nilai beriman dan berakhlak mulia, tanggung jawab dan nilai mandiri.

Pertama, saya koordinasi dengan Kepala Sekolah sekaligus minta pendapat dan menanyakan jadwal agar beliau bisa hadir dalam kegiatan zoom dengan orang tua siswa.

Kedua, saya harus mencari data no hp/wa orang tua siswa 7D. Saya mencari data dengan tata usaha yaitu formulir pendaftaran mereka saat mendaftar masuk SMPN 2. Setelah itu saya membuat grup WA orang tua 7D.

Ketiga, saya menyiapkan google form untuk disi oleh orang tua siswa. Saya berkolaborasi dengan guru agama Islam, guru Agama Kristen dan Kepala Sekolah tentang isi dari google form yang saya buat.

Keempat, saya menyampaikan undangan dan membagikan link zoom keadaan orang tua siswa 7D melalui grup WA.

Kelima, pelaksanaan zoom dimulai dengan pembukaan, doa, kata pengantar dari Kepala Sekolah,presentasi tentang program kolaborasi orang tua dan guru dalam pembentukan karakter anak, dan diakhiri tanya jawab.

Secara singkat, saya meminta orang tua siswa mengisi google form berikut ini dan mengirimkan foto kegiatan anak mereka saat ibadah, belajar dan membantu orang tua di rumah. Saya meminta orang tua untuk  mengisi isian google form dan foto kegiatan anak pada hari Rabu dan Sabtu melalui grup WA.

Hasil dari aksi nyata yang dilakukan adalah ada terjalin komunikasi antara guru dan orang tua siswa, ada pembiasaan baik yang dilakukan oleh siswa dan  jika dilakukan berulang-ulang akan menjadi kebiasaan dan karakter  baik bagi mereka.

Saya sangat senang karena dapat berkomunikasi dan berkolaborasi dengan orang tua siswa, mereka merespon bahkan ada yang berharap supaya kegiatan ini tetap berlanjut. Tetapi kendala yang saya hadapi adalah ada beberapa orang tua siswa yang tidak dapat bergabung, mungkin karena masalah teknis karena pertemuan lewat zoom atau mis komunikasi lainnya. 

Untuk selanjutnya saya akan mengkomunikasikan kembalib ke forum orang tua saat pembagian raport nanti. 





















Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cetak sertifikat mailings

 1. Buat sertifikat di canva unduh pdf 2. Ubah pdf ke word 3. Siapkan dokumen Exel yang nama sekolah no 4  klik mailings 5. Pilih select rec...