Jumat, 10 Juli 2020

Digital Marketing Buku


Resume Kuliah Online Belajar Menulis Pertemuan Ke -18
Oleh Agathe, S.Pd

Narasumber kuliah online malam ini adalah Pak Agust Subardana, S.E.,M.M., CDS Direktur Pemasaran dari Penerbit Andi. 


Beliau mengatakan bahwa Pandemi Covid-19 berdampak bagi pemasaran buku di seluruh Indonesia. Hampir 4 bulan jaringan toko buku sementara mengalami tutup.

Dampak lainnya juga membuat orang takut untuk datang ke toko buku yang ada maupun toko buku yang ada di mall.
Sehingga terjadi penurunan offset buku kurang lebih 70% s/d 80%.
Banyak penerbit yang berhenti distribusi ke toko buku bahkan ada penerbit yang gulung tikar. Berikut adalah grafik kunjungan ke toko buku pada masa Pandemi.

Dari data tersebut bisa kita lihat bahwa grafik kunjungan ke toko buku turun drastis. Awal Juli mulai meningkat kunjungan ke toko buku yang sesuai dengan protokol Covid -19.

Menghadapi Pandemi ini, pihak penerbit memerlukan strategi yaitu tranformasi digital. Dampak pandemi menyebabkan perubahan aktivitas sosial yang pesat dan besar dalam banyak hal, baik cara belajar dan mengajar dan lain- lain. Maka strategi yang paling utama dalam pemasaran buku adalah digital marketing dalam melakukan transformasi mendasar dalam bisnis penerbitan buku.


Gambar diatas merupakan bagian- bagian dari digital marketing.

Digital marketing efektif untuk membantu meningkatkan penjualan buku. Berikut manfaat dari digital marketing.


Penerbit juga harus tetap berhubungan  dengan pelanggan buku di media sosial lewat digital marketing, pastikan buku yang dijual mudah ditemukan di online. Baik itu di lapak, sofie dll, serta media online lain seperti FB, Wa dll.
Penerbit juga harus bisa tampil lebih depan atau yang pertama.
Mengadakan promo-promo khusus seperti memberikan diskon untuk menarik konsumen, juga melakukan webinar, Chanel YouTube live streaming sebagai sarana promosi. Dalam mempertahan pemasaran buku dalam kondisi Pandemi adalah menjadi brand yang tanggap situasi dengan cepat dalam merespon. Setiap ada yang mau membeli buku kita harus cepat merespon dan mengirimnya. Carikan informasi buku yang diinginkan konsumen yang telah menghubungi kita,  kalau ada komplen harus cepat memberikan suatu solusi yang jelas dan akurat. Masih banyak strategi lain, contohnya mobile marketing, email marketing. Cara lain untuk memasarkan buku dengan mengaktifkan pelanggan secara personal dengan iklan-iklan melalui karakteristik pencarian internet. Menggunakan sistem continu marketing sehingga program marketing juga bisa dievaluasi dengan akurat.
Terintegritit digital marketing yaitu cara menggabungkan seluruh digital marketing digunakan dalam sebuah website. 
Menggunakan conten marketing yang menarik contohnya video, artikel, teks,gambar atau hasil riset.
Menghadirkan visual marketing seperti instragam,youtube dll.
Potensi buku sekolah sangat besar.


Dalam pengembangan perpustakaan memerlukan buku. Dengan kebijakan tentang penggunaan dana BOS untuk menyediakan buku perpustakaan yang bisa dibawa ke rumah di masa pandemi ini. Di penerbit banyak sekali variasi buku- buku perpustakaan.
 
Penerbit Andi menyediakan melayani pembelian buku melalui SIPLah. Untuk memasarkan buku-buku ke sekolah-sekolah

Berikut adalah rangking buku laku di toko.


Link Chanel YouTube bagi sekolah yang mau memesan buku https://youtu.be/LVCWSP0gHbk

Kata penutup dari Pak Agust. 
"Semua harus ditulis. Apapun. Jangan takut tidak dibaca atau tidak diterima penerbit. Yang penting tulis,tulis, dan tulis. Suatu saat pasti berguna..kami siap membantu...Dalam memasarkan buku.






6 komentar:

Cetak sertifikat mailings

 1. Buat sertifikat di canva unduh pdf 2. Ubah pdf ke word 3. Siapkan dokumen Exel yang nama sekolah no 4  klik mailings 5. Pilih select rec...