Selasa, 22 September 2020

GIAT SPMI SMPN 2 SELAT TAHUN 2020

 


SMPN 2 Selat merupakan Sekolah Model SPMI di Kabupaten Kapuas. Sekolah Model SPMI adalah sekolah yang ditunjuk oleh LPMI Prov. Kalimantan Tengah untuk menerapkan siklus penjaminan mutu internal secara sistematik, holistik dan berkelanjutan sehingga budaya mutu tumbuh dan berkembang secara mandiri. Standar mutu yang dimaksudkan adalah standar Pendidikan Nasional yaitu 8 SNP. 

Siklus SPMI terdiri dari pemetaan mutu dilakukan dengan memperhatikan raport mutu sekolah, kemudian dianalisis apa yang menjadi kekuatan dan kelemahan di masing-masing indikator dan sub indikator pada 8 sandar tetapi yang paling utama adalah standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses dan standar penilaian.

Siklus SPMI yang kedua adalah penyusunan rencana pemenuhan mutu pada siklus ini kelemahan yang ditemukan pada pemetaan mutu dianalisis akar masalahnya kemudian dibuat perencanaan program peningkatan mutu.

Siklus SPMI yang ketiga adalah pelaksanaan rencana pemenuhan mutu. Rencana program peningkatan mutu tadi dilaksanakan.

Siklus SPMI keempat adalah monitoring dan evaluasi, dilakukan agar proses pelaksanaan pemenuhan mutu yang telah dilakukan sesuai dengan perencanaan yang disusun untuk menjamin kepastian terjadinya peningkatan mutu yang berkelanjutan 

Siklus SPMI kelima adalah pemenuhan standar mutu/penyusunan strategi peningkatan mutu. Strategi ini diarahkan untuk mendorong satuan pendidikan dapat memenuhi standar nasional pendidikan. Jika satuan pendidikan memenuhi SNP, satu pendidikan dapat menetapkan capaian baru diatas SNP. Jika belum memenuhi SNP maka satu pendidikan dapat menyusun strategi peningkatan mutu yang lebih efektif.

Tahun 2017 SMPN 2 Selat berhasil meraih juara 2 Sekolah Model SPMI tingkat Prov. Kal Teng. Dan pada tahun 2018 berhasil meraih juara 3 Sekolah Model SPMI tingkat Prov. Kal Teng. Tahun 2019 adalah pemantapan pelaksanaan SPMI tetapi tidak ada kegiatan ekspose walaupun demikian SMPN 2 Selat tetap melaksanakan kegiatan SPMI. Tahun 2020 akan dilaksanakan diseminasi pelaksanaan SPMI selama masa pandemi.

Untuk kegiatan SPMI tahun 2020 salah satu kegiatan yang dilaksanakan adalah Implementasi Nilai-Nilai PPK Berbasis Masyarakat Melalui Budidaya Sayuran Hidroponik.






Dalam pelaksanaannya kami mengunakan RPP Kolaborasi antar mapel yaitu mapel IPA, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia.

Sekolah bekerjasama dengan masyarakat yang menjadi narasumber dalam budidaya sayuran hidroponik. Beliau adalah ibu Meihuwu Yatini, SP seorang ahli hidroponik yang telah mendapat penghargaan dan sering diundang untuk menjadi narasumber tentang budidaya tanaman hidroponik.

Pada masa pandemi Covid - 19 ini, kami tidak bisa mengumpulkan siswa yang banyak, jadi kami hanya mengumpulkan siswa 5 orang per kelompoknya. Kegiatan tutorial dilaksanakan selama 2 hari untuk 4 kelompok.

Tim 1  Hidrosuppel akan menanam kangkung

Tim 2 Hidrosupel akan menanam pak coy.

Tim 3 hidrosuppel akan menanam kangkung

Tim 4 hidrosuppel akan menanam selada.

Kegiatan penanaman akan dilaksanakan di rumah siswa yang sudah dikelompokkan berdasarkan rumah-rumah yang saling berdekatan.

Untuk pendanaan diambil dari dana sekolah. 

Tujuan kegiatan ini adalah selain tercapainya tujuan pembelajaran dari KD masing- masing mapel kolaborasi, juga menanamkan nilai kemandirian, kreatifitas , disiplin dan tanggung jawab peserta didik. 

Semoga kegiatan ini dapat bermanfaat. Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cetak sertifikat mailings

 1. Buat sertifikat di canva unduh pdf 2. Ubah pdf ke word 3. Siapkan dokumen Exel yang nama sekolah no 4  klik mailings 5. Pilih select rec...